Bismillahirrohmannirrohim

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan untuk merasakan kepadamu sebagian dari rahmat-Nya dan supaya kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya dan (juga) supaya kamu dapat mencari karunia-Nya mudah-mudahan kamu bersyukur”

Qs. Ar Rum (30:46)

Assalamu Alaikum Wr.Wb. dan Salam Sejahtera....Selamat Datang di LM3 Ponpes Asy-Syifa Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan....Solusi Indonesia Hijau ..... Hijaukan Indonesia dengan Pertanian Terpadu Bebas Sampah .... Indonesia Integrated Farming Zero Waste...STOP GLOBAL WARMING

Kamis, 17 Maret 2011

Pupuk Tablet Gramalet® Kakao [ Cocoa Fertilizer ]

by:H.Asrul Hoesein_Posko Hijau

Tablet Gramalet® Kakao [ Cocoa Fertilizer ] adalah pupuk majemuk lengkap tablet yang diformulasi dan diproduksi secara spesifik bagi tanaman dan kebun kakao. Kandungan dan komposisi hara dalam pupuk ini sangat membantu petani pelanggan mendapatkan berbagai unsur hara pupuk sekaligus. Dengan kandungan lengkap meliputi hara makro primer (N, P, K) , makro sekunder (Mg, S, Ca) dan mikro elemen esensial (Fe, B, Bo, Mn, Zn, Cl) dan disajikan dalam bentuk tablet 10 gr dengan dosis 50 kg sampai 400 kg tergantung umur dan fase pertumbuhan tanaman, ini terdaftar pada Departemen Pertanian RI No : T905/ BSP/II/ 2003.
 
Cara aplikasi adalah membuat lobang pada lingkaran/ piringan dalam jarak 2/ 3 dari antara pangkal batang kearah tajuk (garis lurus ke tanah dengan patokan ujung daun) , tentukan dan tugal titik - titik lubang untuk penempatan pupuk searah keempat atau kedelapan penjuru mata angin ( 4 titik atau 8 titik) . Masukan pupuk setengah dosis anjuran/ tahun (dosis per tahun dibagi 2 kemudian diaplikasikan secara merata disetiap titik) pada kedalaman 10-15 cm dari muka tanah. Pemupukan Kakao dilakukan sekali per 6 bulan atau 2 kali per tahun dan waktu pemupukan pada awal dan atau akhir musim hujan.

Sebagai contoh, pada tanaman Kakao usia 4 tahun ( TH 4) - sebagaimana rekomendasi dosis oleh Balai terkait -dengan penelitian Kakao- adalah 280 kg Urea, 281 kg Sp36 dan 220 KCl/ MOP atau total jumlah kg dosis 721 kg/ Ha/ th- akan setara dengan hanya 200 kg pupuk / ha / thn. Atau, dengan populasi tanaman kakao per Ha 1.100 pohon, dosis/ pohon mendapat 180 gr/ tahun.

Dosis Pupuk Tablet Gramalet® Kakao [Cocoa Fertilizer ] per tahun 200 kg/ ha/ tahun ini dijamin memiliki kandungan unsur hara efektif setara dengan 721 kg campuran pupuk tunggal ( Urea, SP36 dan KCl) . Adanya selisih kg dosis - antara campuran pupuk tunggal dengan pupuk Tablet Gramalet® Kakao [ Cocoa Fertilizer ] dapat dikemukan bahwa efektivitas pupuk tunggal dengan ditabur di permukaan ( karena penguapan dan terbawa aliran air/ run off permukaan) - sebagaimana umumnya dilakukan petani pada umumnya, adalah 30 persen ( LPT Bogor, 2001) , dan sebagian lainnya terbuang. Sementara lain diketahui, kandungan aktif urea, SP dan KCl masing-masing hanya 46 % , 36 % dan 60 % .

Dengan menggunakan pupuk majemuk lengkap kebutuhan pupuk tablet ini setara dengan hanya maksimal 35 % dari total jumlah/ dosis pupuk tunggal ( Urea, SP-36, KCl/ MOP) - yang biasa digunakan. Dosis per 1 (satu ) ha tanaman kakao kerapatan populasi 1.100 pohon (umur TH 1 sd TH 4) misalnya, berturut-turut hanya akan membutuhkan 60 Kg (TH 1) , 160 kg (TH-2) , 180 kg ( TH-3) , 200 kg( TH-4) dan 260 kg/ ha/ tahun (TH-5) . Oleh karena itu, penggunaan pupuk ini sangat efektif dan efisien guna meningkatkan pendapatan petani.

Disamping menghemat tenaga kerja, biaya angkutan ke area kebun akan jauh lebih murah (bandingkan biaya mengangkut 721 Kg campuran pupuk tunggal dengan 200 kg Tablet Gramalet® Kakao [ Cocoa Fertilizer ]

Pupuk Majemuk Lengkap Tablet Gramalet® Kakao [Cocoa Fertilizer ] memiliki Komposisi Formula : 19-10-15-2-4-3+ Micro Element (Fe, B, Bo, Mo, Mn, Zn, Cl ) dan menggunakan kemasan spesifikasi sebagai berikut :

a) Kemasan dalam ( inner packing ) : Plastik PE 0, 8 – 1, kemasan kedap air dan udara, kapasitas 5 kg ( gross weight)

b) Kemasan luar ( outer packing) terbuat dari karton D/ W : a) Ukuran : ( 360 x 355 x 263 ) mm b) Jenis karton : K 200/ 150/ K200 c) Kapasitas: 20 Kg.

Dengan kemasan sebagaimana spesifikasi tersebut menjamin pengangkutan, penyimpanan dan penanganan transportasi antar daerah termasuk penanganan di pelabuhan menjadi lebih aman, murah dan mudah.
Negara Asal:Indonesia
Harga:Call
Cara Pembayaran:Transfer Bank (T/T)
Jumlah:@ 20 kg per Karton
Kemas & Pengiriman:Karton (D/W, K 200/M150/K200 ( 360x355x263) mm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentarnya, Sukses Untuk Anda...Amin

Info dari Situs LEKADnews Jakarta

LEKAD SEBAGAI LEMBAGA YANG TELAH BERPENGALAMAN DALAM KAJIAN, FASILITASI, PUBLIKASI DAN PELATIHAN DIBIDANG KERJASAMA DAERAH SEJAK 2005 MENAWARKAN PELATIHAN PEDOMAN DASAR PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN KERJASAMA ANTAR DAERAH KEWILAYAHAN. PELATIHAN INI AKAN DISELENGGARAKANA PADA: HARI RABU S/D JUMAT 27-29 APRIL 2011, BERTEMPAT DI GRAHA WISATA KUNINGAN, JL. H.R RASUNA SAID KUNINGAN, JAKARTA_ INFO SILAKAN KONTAK WILDA (081314246402) ATAU H.ASRUL HOESEIN (085215497331) TERIMA KASIH.

Mengelola Sampah Rumah