Bismillahirrohmannirrohim

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan untuk merasakan kepadamu sebagian dari rahmat-Nya dan supaya kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya dan (juga) supaya kamu dapat mencari karunia-Nya mudah-mudahan kamu bersyukur”

Qs. Ar Rum (30:46)

Assalamu Alaikum Wr.Wb. dan Salam Sejahtera....Selamat Datang di LM3 Ponpes Asy-Syifa Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan....Solusi Indonesia Hijau ..... Hijaukan Indonesia dengan Pertanian Terpadu Bebas Sampah .... Indonesia Integrated Farming Zero Waste...STOP GLOBAL WARMING

Kamis, 17 Maret 2011

Pupuk Gramafix® Sawit [ Palm Oil Tree Fertilizer ]

by: H.Asrul Hoesein_Posko Hijau
Gramafix® Sawit adalah pupuk spesifik bagi tanaman sawit dan kelompok tanaman palma lainnya seperti tanaman hias palm, pinang dan kelapa. Formula ini dirancang dengan mempertimbangkan jumlah maupun jenis kebutuhan unsur hara bagi pertumbuhan dan produktivitas tanaman kelapa sawit. Kandungan hara lengkap yang meliputi makro primer (NPK) , makro sekunder (Mg, S, Ca) dan mikro esensial ( Fe, B, Bo, Mo, Mn, Zn, Cl ) disajikan berbentuk tablet ukuran 10 gram ( diameter 24 mm ) guna menjamin pelanggan mendapatkan aneka hara pupuk lengkap yang sudah mengandung seluruh unsur hara sekaligus dalam setiap tablet. Formula ini terdaftar pada Departemen Pertanian RI No : T904/ BSP/ II/ 2003.

Cara aplikasi buat lingkaran/ piringan disekitar jarak antara pangkal batang sampai setengah jarak pangkal ke tajuk, tentukan dan tugal titik - titik/ lubang dengan kedalaman 10-15 cm dari permukaan tanah kemudian tempatkan Gramafix Sawit pada keempat atau kedelapan penjuru mata angin ( 4 titik atau 8 titik) . Masukan Gramafix Sawit setengah dosis anjuran per tahun, jumlah tablet dibagi secara merata disetiap titik dengan kedalaman 10-15 cm dari permukaan tanah. Dalam keadaan lahan dengan kesuburan tinggi, aplikasi Gramafix Sawit dapat dilakukan sekali per tahun. Waktu pemupukan pada awal dan atau akhir musim hujan.

Sebagai contoh, pada tanaman sawit ( Usia TH 5 ) hanya memerlukan Gramafix Sawit dosis 175 kg/ ha/ thn pada rataan populasi 143 pohon/ ha atau dosis setara 1.250 gr/ phn/ tahun. Aplikasi dapat dilakukan dengan cara dibuat 8 titik/ lubang, Gramafix Sawit dibenamkan masing masing 15 - 16 butir (@ 10 gr) per lubang bagi aplikasi per tahun atau 7-8 butir tablet @ 10 gr pada 8 lobang bagi aplikasi per 6 bulan. Setelah pupuk dibenamkan, lubang ditutup kembali. Dianjurkan pada saat pemupukan, sekitar tanaman bersih dari rumput pengganggu (gulma) .

Perbedaan jumlah dosis 764 kg (campuran 280 kg Urea, 250 kg SP-36, 134 kg KCl/ Mop dan Borax) dengan 175 kg Gramafix Sawit dapat dikemukan bahwa efektivitas pupuk tunggal dengan ditabur di permukaan (karena penguapan dan terbawa aliran air/ run off permukaan) - sebagaimana umumnya dilakukan petani pada umumnya adalah 30 persen ( LPT Bogor, 2001) , dan sebagian lainnya terbuang.

Sementara lain diketahui, kandungan aktif urea, SP dan KCl masing-masing hanya 46 % , 36 % dan 60 % . Dengan kalkulasi tersebut dapat dihitung nutrisi tersedia 87, 96 Kg atau setara dengan 11.5 % . Itulah, alasan, mengapa kg dosis Gramafixï ¿ ½ Sawit dengan kemampuan melepas hara perlahan dan terkendali ( slow release fertilizing) hanya 22, 9 sd 26, 1 persen (antara 175 Kg sampai 200 kg terhadap 764 Kg) terhadap kg dosis campuran pupuk tunggal.

Dengan penyajian formula komposisi hara spesifik bagi tanaman sawit dan palma lain serta disajikan berbentuk tablet, Gramafix Sawit menjamin penghematan biaya pemupukan per ha, memberi kemudahan dalam pengangkutan dan penyimpanan pupuk. Dengan itu, sehingga, biaya perawatan tanaman menjadi lebih murah dengan aplikasi pupuk menjadi praktis. Bandingkan biaya mengangkut pupuk ke area kebun antara 764 kg pupuk campuran dengan hanya 175 kg Gramafix Sawit.

Pupuk Majemuk Lengkap Tablet ( PMLT) Gramafix Sawit memiliki Komposisi Formula : 14-8-21-3-6-1+ Micro Element ( Fe, B, Bo, Mo, Mn, Zn, Cl ) menggunakan spesifikasi kemasan sebagai berikut :

a) Kemasan dalam ( inner packing ) : Plastik PE 0, 8 sd 1, kemasan kedap air dan udara, kapasitas 5 kg (gross weight)

b) Kemasan luar ( outer packing) terbuat dari karton D/ W : a) Ukuran : (360 x 355 x 263 ) mm b) Jenis karton : K 200/ 150/ K200 c) Kapasitas: 20 Kg.

Dengan kemasan sebagaimana spesifikasi tersebut menjamin pengangkutan, penyimpanan dan penanganan transportasi antar daerah termasuk penanganan di pelabuhan menjadi lebih aman, murah dan mudah.
Negara Asal:Indonesia
Harga:Call
Cara Pembayaran:Tunai
Jumlah:20 kg per karton D/W K 200 ( 360x355x263 ) mm
Kemas & Pengiriman:Inner Packing - plastic PE 1 mm @ 5 kg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentarnya, Sukses Untuk Anda...Amin

Info dari Situs LEKADnews Jakarta

LEKAD SEBAGAI LEMBAGA YANG TELAH BERPENGALAMAN DALAM KAJIAN, FASILITASI, PUBLIKASI DAN PELATIHAN DIBIDANG KERJASAMA DAERAH SEJAK 2005 MENAWARKAN PELATIHAN PEDOMAN DASAR PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN KERJASAMA ANTAR DAERAH KEWILAYAHAN. PELATIHAN INI AKAN DISELENGGARAKANA PADA: HARI RABU S/D JUMAT 27-29 APRIL 2011, BERTEMPAT DI GRAHA WISATA KUNINGAN, JL. H.R RASUNA SAID KUNINGAN, JAKARTA_ INFO SILAKAN KONTAK WILDA (081314246402) ATAU H.ASRUL HOESEIN (085215497331) TERIMA KASIH.

Mengelola Sampah Rumah