Bismillahirrohmannirrohim

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan untuk merasakan kepadamu sebagian dari rahmat-Nya dan supaya kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya dan (juga) supaya kamu dapat mencari karunia-Nya mudah-mudahan kamu bersyukur”

Qs. Ar Rum (30:46)

Assalamu Alaikum Wr.Wb. dan Salam Sejahtera....Selamat Datang di LM3 Ponpes Asy-Syifa Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan....Solusi Indonesia Hijau ..... Hijaukan Indonesia dengan Pertanian Terpadu Bebas Sampah .... Indonesia Integrated Farming Zero Waste...STOP GLOBAL WARMING

Senin, 14 Maret 2011

Manfaat dan Keunggulan Pertanian Terpadu

Pertanian Terpadu_dok.rul
(Konsultan LM3 PPAS, Palembang, Sumatera Selatan)

Manfaat dan Keunggulan Pertanian Terpadu

   Penyedia pangan yang paling efektif dan efisien.
1.       Siklus dan keseimbangan nutrien serta energi yang akan membentuk suatu ekosistem secara keseluruhan akan terjadi dalam sistem pertanian  terpadu.
2.       secara deduktif pertanian terpadu akan meningkatkan  efektifitas dan efisiensi produksi yang berupa peningkatan hasil produksi dan penurunan biaya produksi.
      Secara empiris pertanian terpadu merupakan bentuk pertanian yang paling baik karena hampir tidak ada komponen yang terbuang.
      Tercatat beberapa negara telah mengembangkan pertanian terpadu secara sukses seperti Cina dan Ekuador. USA,Filifina, Malaysia. Di USA terdapat pusat kajian khusus untuk pertanian terpadu
   Uji coba di berbagai daerah di Indonesia dengan menerapkan sistem pertanian terpadu telah mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi produksi.

     Di Indonesia sebenarnya bukan hal baru
     Hasil samping ternak, kotoran pupuk sehingga petani tidak perlu membeli pupuk lagi.
    Mengurangi ketergantungan kepada input eksternal yang ditentukan pasar dan subsidi pemerintah
     Limbah pertanian dapat dimanfaatkan dengan mengolahnya menjadi biomassa.
     Hemat energi dan hemat biaya
    Terdapat keseimbangan biologis, musuh ada kawan sehingga serangan hama tidak begitu banyak
      Ikan budidaya dalam kolam tanpa harus membeli pakan buatan
      Memperlakukan limbah manusia, tanaman dan hewan dalam sistem yang sama untuk menjaga tempat tetap bersih tanpa ekstra pengeluaran untuk keluarga atau pemerintah.
      Mengurangi kebutuhan pelayanan pengumpulan sampah dengan mengembangkan struktur masyarakat lokal yang lebih mandiri
      Mengembangkan alternatif pemecahan energi  yang mencakup energi biogas untuk keperluan rumah tangga atau pertanian, bahkan tujuan-tujuan agro-industri ,
    Pertanian terpadu ikan, ternak dan tanaman telah membantu memperbaiki pasokan pupuk  dan pakan, plus nilai pasar yang lebih tinggi dari ikan karena pakan dan atau pangan telah meningkatkan pendapatan secara substansial.
      Secara teknis, tambahan penting dari siklus unsur hara kedua dari limbah ikan ini telah  memberikan manfaat kepada meningkatnya proses integrasi, dan telah memperbaiki  kehidupan banyak petani kecil secara nyata.
      Sistem Pertanian Terpadu telah mengubah secara cepat pertanian konvensioanl dari ternak, budidaya perikanan, agroindustri, dan kegiatan terkait di beberapa negara terutama di  daerah tropis dan subtropis yang tidak asam
               
Pembangunan Infrastruktur Pertanian Terpadu (Pertanian Organik):
Untuk informasi pengelolaan (rancang bangun) Pertanian Terpadu serta Pengelolaan Sampah Kota atau Limbah Pertanian (Sisa Panen) menjadi Pupuk Organik (Pupuk Kompos Padat dan Pupuk Kompos Cair) dengan Teknologi Komposter BioPhoskko (TTG),  silakan hubungi kami:

Jaringan Posko Hijau  ^ GIH Foundation
KencanaOnline  atau Klik di Sini  atau Klik di SINI silakan email ke Klik di SINI atau hubungi ke: 081278427909 (H.Cholik H.Senen, ST, LM3 Ponpes Asysyifa), 085215497331 (H.Asrul Hoesein) atau 0815700935 (Ir. Sonson Garsoni) > PT. Cipta Visi Sinar Kencana, Bandung.
Atau shar ke GIH Foundation atau AsrulHoeseinBrother atau hubungi jejaring Posko Hijau ^ Gerakan Indonesia Hijau Foundation (alamat klik di Sini) di seluruh Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentarnya, Sukses Untuk Anda...Amin

Info dari Situs LEKADnews Jakarta

LEKAD SEBAGAI LEMBAGA YANG TELAH BERPENGALAMAN DALAM KAJIAN, FASILITASI, PUBLIKASI DAN PELATIHAN DIBIDANG KERJASAMA DAERAH SEJAK 2005 MENAWARKAN PELATIHAN PEDOMAN DASAR PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN KERJASAMA ANTAR DAERAH KEWILAYAHAN. PELATIHAN INI AKAN DISELENGGARAKANA PADA: HARI RABU S/D JUMAT 27-29 APRIL 2011, BERTEMPAT DI GRAHA WISATA KUNINGAN, JL. H.R RASUNA SAID KUNINGAN, JAKARTA_ INFO SILAKAN KONTAK WILDA (081314246402) ATAU H.ASRUL HOESEIN (085215497331) TERIMA KASIH.

Mengelola Sampah Rumah