Bismillahirrohmannirrohim

“Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah bahwa Dia mengirimkan angin sebagai pembawa berita gembira dan untuk merasakan kepadamu sebagian dari rahmat-Nya dan supaya kapal dapat berlayar dengan perintah-Nya dan (juga) supaya kamu dapat mencari karunia-Nya mudah-mudahan kamu bersyukur”

Qs. Ar Rum (30:46)

Assalamu Alaikum Wr.Wb. dan Salam Sejahtera....Selamat Datang di LM3 Ponpes Asy-Syifa Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan....Solusi Indonesia Hijau ..... Hijaukan Indonesia dengan Pertanian Terpadu Bebas Sampah .... Indonesia Integrated Farming Zero Waste...STOP GLOBAL WARMING

Selasa, 15 Maret 2011

Hortikultura Tanaman Sayur


Kebun Sayur
Mentimun, Kacang Panjang, Terong dan Cabe
Pada akte pendirian Pondok Pesantren Asy-Syifa yang dibuat pada tahun 1993 dinyatakan bahwa luas lahan yang dimiliki oleh pesantren sebesar 40 Hektar. Saat ini lahan pesantren yang dimanfaatkan hanya seluas + 6 ha. InsyaAllah kedepan Luasan ini akan terus dibuka dan dimanfaatkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh pesantren dan juga dukungan dari semua pihak yang terkait didalamnya.
Kebun Hortikultura Kacang Panjang_dok_Rul

Santri (Anggota LM3PPAS) Menikmati Panen Sayur_dok.Rul
Sebagai pemula di bidang pertanian, dengan berbekal kemampuan seadanya kami memulai penanaman Mentimun dengan tujuan agar cepat menghasilkan. Setelah usai kami melanjutkannya dengan menanam Kacang Panjang yang hingga tulisan ini dibuat telah memasuki masa akhir dan akan dilakukan penanaman tanaman mentimun kembali.

Santri Anggota LM3PPAS Panen Cabe_dok.Rul
Sudah menjadi suatu kewajaran bahwa di setiap usaha pasti ada kendala yang suka tidak suka harus dihadapi dan diselesaikan. Alhamdulillah dengan banyaknya ujian yang datang pada kami, saat ini kami telah menemukan salah satu cara tepat dalam mengatasi kendala tersebut.
Panen Terong_dok.Rul
Penerapan teknologi pertanian dan perkebunan sedikit demi sedikit telah kami lakukan, belajar dari buku, internet dan konsultasi dari yang berpengalaman maka didapatlah SOP pengolahan tanah sebagai salah satu cara meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan tersebut. Diantaranya :
1. Pembuatan Galangan/Bedengan secara maksimal
2. Pemanfaatan pupuk organik/kandang
3. Mengaplikasikan penggunaan Mulsa Hitam Perak
4. Penggunaan Pupuk Kompos GreenPhoskko
Tanaman Cabe Organik Siap Panen_dok.Rul

Pembibitan Cabe Organik_dok.Rul

Percobaan dan penelitian sederhana terus kami lakukan, maka didapatlah hasil yang sangat memuaskan. Selanjutnya dengan penuh kesungguhan hasil dari semua ini kami terapkan pada lahan yang lebih luas lagi.
Kami menargetkan 2.000 pohon cabe akan tumbuh dan berkembang di lahan pesantren yang telah dipersiapkan jauh sebelumnya yang tidak lain bertujuan untuk kesejahteraan umat


Bedengan Perkebunan Organik_dok.Rul

Pembuatan bedengan dibarengi dengan pemberian pupuk kandang, sambil menunggu proses pembuatan pupuk Bokhasi, setelah bedengan “dingin” ditabur dengan menggunakan pupuk bokhasi untuk kemudian didiamkan lagi selama beberapa hari, terakhir dilakukan penutupan bedengan dengan menggunakan mulsa Hitam Perak hingga siap ditanami bibit cabe yang telah disemai satu bulan sebelumnya…


Mulsa Organik Pada Penanaman Mentimun_dok.Rul


Tanaman Mentimun Organik_dok.Rul


by: Manajemen LM3PPAS Kab. Musi Banyuasin
Sumatera Selatan, Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Kunjungan dan Komentarnya, Sukses Untuk Anda...Amin

Info dari Situs LEKADnews Jakarta

LEKAD SEBAGAI LEMBAGA YANG TELAH BERPENGALAMAN DALAM KAJIAN, FASILITASI, PUBLIKASI DAN PELATIHAN DIBIDANG KERJASAMA DAERAH SEJAK 2005 MENAWARKAN PELATIHAN PEDOMAN DASAR PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN KERJASAMA ANTAR DAERAH KEWILAYAHAN. PELATIHAN INI AKAN DISELENGGARAKANA PADA: HARI RABU S/D JUMAT 27-29 APRIL 2011, BERTEMPAT DI GRAHA WISATA KUNINGAN, JL. H.R RASUNA SAID KUNINGAN, JAKARTA_ INFO SILAKAN KONTAK WILDA (081314246402) ATAU H.ASRUL HOESEIN (085215497331) TERIMA KASIH.

Mengelola Sampah Rumah